Pengertian Artikel Arti dan Definisi Artikel

Apa pengertian artikel itu? Berikut tulisan penjelasan mengenai pengertian artikel, arti dan definisi artikel. Artikel dapat diartikan sebagai hasil karya tulis yang memuat tentang opini dari seseorang yang membahas secara tuntas suatu permasalahan tertentu yang bersifat terkini namun juga bersifat kontroversi dengan tujuan untuk memberikan suatu informasi, mempengaruhi orang lain atau kelompok, menyakinkankan seseorang atau masyarakat serta memberikan suatu sajian hiburan kepada pembaca.

Pengertian artikel secara umum, ditujukan kepada pembaca atau masyarakat luas yang biasanya ditampilkan dengan menggunakan media cetak, majalah, koran, serta juga ada berupa karya tulis tentang penyampaian ide, gagasan, dan pengetahuan yang dituangkan pada sebuah media tulis. Penggunaan bahasa atau kata pada sebuah artikel lazimnya menggunakan kata yang terpopuler mengikuti isi dari artikel tersebut. serta pemilihan topik yang tepat adalah topik yang masih diperbincangkan pada masyarakat luas.

Seperti karya tulis pada umumnya, artikel juga terdiri dari tiga unsur pembentuknya, diantaranya adalah pendahulua, isi dan penutup. Namun unsur-unsur tersebut tidak disusun secara baku, seperti halnya karya tulis yang lain. Selain itu, artikel juga tidak terdapat bab-bab, namun dalam artikel pembedaan bab hanya ditandai dengan peralihan paragraf saja.

Dengan kesimpulanya, pengertian artikel adalah sebagai salah satu hasil karya sastra atau karya tulis yang memuat suatu tujuan dan maksud dari penulisan tersebut serta dengan adanya pembahasan suatu hal didalam suatu artikel.

Artikel juga memiliki karakteristik, yang diantaranya:
1. Ditulis dengan adanya atas nama.
2. Memuat gagasan aktual dan gagasan kontroversial.
3. Gagasan yang ditulis harus menyangkut kepentingan banyak orang.
4. Ditulis secara referensial dan visi yang intelektual.
5. Disajikan dalam bahasa yang hidup, populer, serta komunikatif.
6. Singkat dan tuntas.
7. Original atau asli hasil tulisan sendiri.

Demikian sedikit tulisan mengenai pengertian artikel, semoga bermanfaat.