Pengertian Sejarah - Arti dan Definisi Sejarah

Apa pengertian sejarah itu? Berikut artikel tentang pengertian sejarah definisi dan artinya. Sejarah adalah suatu kejadian dimasa lalu yang ditampilkan kembali melalui peninggalan-peninggalan dari berbagai peristiwa. Sejarah biasanya berkaitan dengan pengalaman individu atau kelompok dimasa lampau. Di indonesia sejarah lebih ditekankan pada keadaan sosial masyarakat, yaitu pengungkapan awal mula adanya manusia di indonesia hingga era pemerintahan yang dipimpin oleh seorang presiden.

Pengertian sejarah menurut para ahli:

* "W.J.S Poerwodarminta" dalam kampus indonesia mengartikan sejarah adalah ilmu pengetahuan, pristiwa yang pernah terjadi dimasa lamu, kesastraan lama, asal usul, dan silsilah.

* Sunnal dan Haas(1993:278) menyebutkan "history is a chronological study that interprets and gives meaning to events and applies systematic methods to discover the truth" yang artinya bahwa sejarah merupakan pelajaran kronologis dengan penafsirkan dan mencari arti dari setiap pristiwa tang pernah terjadi dan merupakan suatu metode yang sistematis untuk mengungkap kebenaran yang ada.

* Sejarah dalam Buku Barher karangan Abramawits(1970 hal 42)"history as a chronology of events" sejarah adalah sebuag kronologi seatu kejadian dimasa lamu.

* Menurut Sartono kartodirdjo, bahwa sejarah merupakan penggambaran pengalaman kolektif dimasa lalu, dan untuk pengungkapanya dapat melalui penafsiran aktualisasi atau penetasan pengalaman masa lalu. Beliau juga menambahkan mencritakan kembali suatu kejadian adalah cera unutk menghadirkan suatu pristiwa dengan cara pengungkapan verbal.

* Menurut Carr(1982:30) "history is a continuous process of interaction between the historian and his facts, and undending dialogue between the present and the past" artinya bahwa sejarah merupakan proses yang berlangsung secara berkesinambungan dari interaksi antara sejarahwan dan fakta-fakta serta melalui dialog antara masa kini dan masa yang lalu.

Demikian artikel tentang pengertian sejarah semoga bermanfaat.