Pengertian Aqidah - Definisi dan Artinya

Apa itu pengertian Aqidah sebenarnya? Kita sering mendengarnya tentunya, dan berikut ini artikel tentang definisi dan pengertian Aqidah. Pengertian aqidah dilihat dari sisi bahasa yaitu berasal dari kata "al-aqdu" yang berarti ikatan, lawan kata dari al-aqdu adalah al-hallu yang berarti penguraian atau pelepasan. Sedangkan secara istilah aqidah berarti yaitu keyakinan atas sesuatu hal. Arti aqidah secara umum yaitu, ketetapan tanpa adanya keraguan yang dimiliki oleh setiap umat manusia dalam pengambilan keputusan. Dalam pengertian agama aqidah mempunyai arti yaitu sesuatu hal yang berkaitan dengan keyakinan bukan perbuatan.

Kata aqidah tidak hanya digunakan pada ajaran agama Islam saja, namun juga digunakan pada ajaran agama lain sehingga terdapat istilah aqidah islam (aqidah islamyah), aqidah nasrani. Selain itu juga terdapat aqidah yang lurus atau benar dan juga ada pula aqidah yang sesat atau menyimpang. 

Aqidah Islamiyah mempunyai nama lain, yaitu; at-tauhid, as-sunnah, ushulludin, al-fiqbul akbar, asy-syari'iah dan al iman. Aqidah Islamiyah mempunyai arti yaitu keyakinan yang terdapat pada apa yang terkandung pada rukun iman. yaitu keyakinan pada Allah Ta'ala, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rosul dan nabi-Nya, hari akhir dan takdir baik dan takdir buruk. Sesuatu hal dapat dikatan sebagai aqidah apabila seseorang tersebut mengikuti hati nuraninya yang mengacu pada rukun iman. Terdapat tiga generasi pada aqidah islamiyah, yaitu: generasi sahabat adalah generasi yang paling mulia, generasi Tabi'in dan generasi orang yang mengikuti mereka dengan baik.

Demikan arikel sekilas tentang pengertian Aqidah, semoga bermanfaat.